Polsek Bayan, Polres Lombok Utara Berikan Pengamanan Kegiatan Melasti Umat Hindu

Lombok Utara – kegiatan Melasti Umat Hindu, Warga Dsn Kebaloan Ds Senaru yang menuju ke Pantai yang berada di dsn Karang Gedeng Desa Sukadana Kecamatan Bayan, terlihat ramai oleh warga umat Hindu yang membawa barang yang di sakralkan diiringi gamelan (alat music tradisional) terlihat juga anggota Bhabinkamtibmas Desa Sukadana Kecamatan Bayan Aipda Wiraguna melaksanakan pengamanan jalan yang akan dilalui oleh warga yang melaksanakan kegiatan tersebut. senin, (21-11-2022)

Kegiatan Melasti Umat Hindu ini diselenggarakan sekali setahun dalam rangka piodalan (hari jadi) yang biasa diselenggarakan setiap sekali setahun oleh warga umat Hindu yang berada diwilayah manapun di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Kegiatan Melasti ini di maksudkan untuk menyambut hari jadi suatu tempat atau benda yang disakralkan, dan biasanya kegiatan tersebut dilaksanakan di pinggir pantai. dimaksudkan supaya warga yang melaksanakan kegiatan tersebut selalu ingat asal muasal dari benda atau tempat tersebut.

Pengamanan yang dilakukan anggota babinkamtibmas Desa Sukadana Kecamatan Bayan Aipda Wiraguna yang bertugas di Polsek Bayan Polres Lombok Utara, Polda NTB. ini di maksudkan ntuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat khususnya umat Hindu yang melaksanakan kegiatan Melasti tersebut.

Giat Melasti yang di selenggarakan dipimpin oleh seorang pemangku / pemimpin atau tokoh agama yang di tuakan dengan peserta sebanyak kurang lebih 30 Warga umat, setelah itu akan dilanjutkan dengan kegiatan persembahyangan yang di laksanakan di pinggir pantai dengan bersama sama.

Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta, S.I.K., M.H melalui Kapolsek Bayan Iptu Sugi Jaya SH menjelaskan Pihaknya menerjunkan anggota Polsek dalam hal ini Babinkantibmas yang selalu melekat dalam kegiatan apapun yang di selenggarakan oleh warga binaan dari para babinkamtibmas yang ada di setiap desa, untuk melaksanakan pengamanan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang sedang atau akan melaksanakan kegiatan.

“Alhamdulillah, tidak ada hal yang terlalu menonjol dan mengkhawatirkan kalo berupa kegiatan keagamaan yang akan di laksanakan karena toleransi antar umat beragama sangat kental di sini tetapi tetap kita akan memberikan pengamanan sambil tetap memantau situasi selama kegiatan berlangsung sebagai bukti bahwa Anggota polri itu selalu ada di tengah- tengah masyarakat” Kata kapolsek Bayan.

Ia menambahkan, gak lupa juga peran serta babinkamtibmas yang berada di tengah-tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat untuk selalu dapat mengingatkan dan menghimbau warga masyarakat tentang pentingnya kesehatan serta tetap mematuhi protokol Kesehatan dan melaksanakan vaksinasi bagi yang belum vaksin Covid-19

“Disampaikan juga agar masyarakat tetap waspada terhadap berita hoaks, serta selalu waspada terhadap tindak pidana 3C (Curas,Curhat, Curanmor). Ttak kalah pentingnya juga disampaikan kepada warga, agar tetap waspada terhadap cuaca yang terjadi sekarang ini, musim penghujan dan Cuaca Ekstrim Berupa Angin kencang sekarang ini warus benar- benar di waspadai karena akibatnya sangat berdampak bagi masyarakat, Pohon Tumbang dan tanah yang longsor menjadi hal yang sangat di waspadai” tegas Kapolsek

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.