Polres Lotara Ikuti Upacara Puncak Hari Bhayangkara ke 76 Secara Virtual

LOMBOK UTARA Polda NTB – Kepolisian Resort Lombok Utara (Polres Lotara) Polda NTB, berpartisipasi langsung dalam pelaksanaan upacara puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Halaman Mapolres setempat, Selasa (05/07/22). Tampak hadir Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta, S.I.K, MH, Wakapolres Kompol Samnurdin, S.H, Para PJU, Kasat, Kapolsek dan Personil Polres Lombok Utara.

Dari jajaran Pemda KLU tampak hadir Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, S.H, Ketua DPRD Lombok Utara, Nasrudin S.Hi, Perwakilan Kejari Mataram, Perwakilan Kodim 1606/Mataram, Kepala OPD selingkungan Pemda KLU, Ketua TP PKK KLU, Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamdu, Camat se-KLU, dan para tamu undangan dari berbagai unsur. Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo ambil peran Inspektur Upacara pada perayaan Hari Bhayangkara yang berlangsung epik dan khidmat ini.

Bacaan Lainnya

Dalam amanatnya Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara ke-76 sembari memberi penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, serta membela bangsa dan negara selama ini.

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia menaruh harapan besar terhadap Polri. Organisasi Polri menembus sampai tingkat desa, dan bersentuhan langsung dengan rakyat. Saudara-saudara selalu dalam pengamatan rakyat, selalu dalam penilaian rakyat, dan institusi Polri harus sesuai dengan harapan rakyat,” tutur Presiden Jokowi.

Dikatakan Jokowi, bahwa survei terbaru Kompas kemarin sejumlah 58,3 persen responden menyatakan tindakan Polri sudah sesuai dengan visi dan misinya. Tapi perlu ingat ada 28,6 persen menyatakan belum sesuai.

“Selain membaca survei saya juga terus mengikuti pemberitaan di media-media online maupun elektronik, setiap kecerobohan sekecil apapun di lapangan itu akan merusak kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Oleh karena itu, bekerjalah dengan hati-hati,” pesannya.

Menurut orang nomor wahid di Indonesia, bahwa tugas berat Polri masih ada yaitu tantangan pandemi Covid-19 seraya meminta institusi Polri selalu siaga dalam penanganan Covid-19.

“Ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan  karena itu Polri harus memastikan Kamtibmas dan kita harus siap mengahadapi tantangan teknologi terbaru,” tegas Presiden ke-7 Indonesia tersebut.

Didampaikan pula dalam amanatnya, bahwa pembangunan Ibukota Negara harus mengawali agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu seraya menyebutkan agenda G-20 saat ini tengah berlangsung harus terus dikawal hingga puncaknya nanti pada penyelenggaraan KTT bulan November di Bali. Selain itu, ada pula agenda besar Demokrasi Pilpres dan Pilkada Serentak tahun 2024. Agenda besar tersebut harus diantisipasi dengan baik agar pesta demokrasi berlangsung dengan baik.

“Lembaga Polri dan individu harus mempunya inovasi dalam melayani masyarakat,” tutup Jokowi.

Terpisah Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu, SH, ditemui usai Upacara Puncak Hari Bhayangkara ke-76 mengungkapkan, dalam posisi selaku Kepala Daerah dirinya menyampaikan ucapan selamat Ulang Tahun Bhayangkara ke-76. Dalam melaksanakan tugasnya, Bhayangkara sudah sesuai visi-misinya, Bhayangkara yang Presisi.

“Banyak pekerjaan rumah kita yang belum selesai, dalam penanganan Covid-19 peran Polri sangat terasa. Semoga ke depa kita terus bisa bekerja sama melayani masyarakat Lombok Utara,” pungkas bupati dua periode ini.

Sementara itu, Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta S.I.K, M.H, dihadapan awak media, mengatakan hari ini Polri melaksanakan Hari Bhayangkara ke-76. Perayaannya seperti disampaikan Presiden, di mana Polri mampu mengambil kepercayaan masyarakat meski masih ada 28,6 persen menjadi PR kepolisian.

Ia lantas mengapresiasi wilayah hukum Polres KLU. Katanya, berkat dukungan besar dari masyarakat, pemerintah daerah, dan stakeholder, Polri mampu melaksanakan pengamanan dengan kondusif satu tahun terakhir.

“Di Hari Bhayangkara ke-76 ini mewakili institusi Polri, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua, sehingga Polri dapat menegakkan Kamtibmas, penegkan hukum dan memberikan pelayanan di masyarakat,” ujar Kapolres.

Mantan Subdit Satu Diskrimsus Polda Bali ini menuturkan bahwa untuk sementara waktu atensi keamanan Lombok Utara kondusif. Intinya, pihak kepolisian dalam posisi unsur pendukung pemerintah daerah tentunya akan mendukung apapun keputusan pemerintah.

“Di Gili misalnya, kami punya pos sendiri di sana untuk mengantisipasi masuknya sajam, narkoba, dan miras Ilegal,” demikian AKBP Sudarmanta.

Rangkaian upacara dilanjutkan dengan Penyerahan Tumpeng oleh Bupati kepada Kapolres Lombok Utara, Ketua TP PKK KLU kepada Ketua Bhayangkari Cabang Lombok Utara serta diakhiri dengan sesi foto bersama.

Humas

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.