Hadapi Cuaca Ekstrim Polres Lotim Siagakan Personel Dan Sarpras Yang Memadai Guna Antisipasi Bencana Alam

lombokpictures.com – Waka Polres Lombok Timur lakukan pengecekan Peralatan SAR (Search And Rescue) yang dimiliki oleh Satuan Samapta Polres Lombok Timur guna kesiap siagaan penanganan bencana menanggapi situasi ekstrim di Kabupaten Lombok Timur, Rabu (19/10/2022), pukul 08.00 wita.

Dalam arahannya kepada anggota Samapta, Waka Polres Lombok Timur Kompol Zaky Maghfur S.I.K yang didampingi Kasat Samapta mengatakan; Sesuai perintah dari pimpinan agar menggelar semua peralatan SAR yang ada di Sat Samapta Polres Lombok Timur untuk tanggap darurat bencana alam, Mengingat situasi cuaca yang akhir-akhir ini curah hujan intensitasnya semakin tinggi agar semua anggota Sat Samapta menyiapkan fisik mental untuk sewaktu-waktu dibutuhkan dalam pelaksanaan tanggap darurat bencana khususnya di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Lebi lanjut Zaky memerintahkan anggota samapta supaya tetap berlatih dan mengasah kemampuan terkait bagaimana menggunakan peralatan SAR yang dimiliki agar anggota tidak salah dalam menanggulangi dan menangani bencana alam, ” kegiatan ini untuk kesiap siagaan personil dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana menghadapi situasi ekstrim berhubung Akhir – akhir ini Curah Hujan Cukup tinggi, Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk mengecek Sarpras (sarana dan prasarana) termasuk untuk menguji kemampuan dan ketrampilan dalam memobilitasi sumber daya serta pengoperasian peralatan penanggulangan bencana yang kita miliki Sebagai upaya kita dalam memberikan npelayanan yang Maksimal kepada Msyarakat, Bangsa dan Negara“ terangnya.

Lebih lanjut Waka Polres menegaskan; apel kesiapsiagaan penanganan bencana ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi merupakan manifestasi kesiapan Polres Lombok Timur dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencanadi Gumi Patuh Karya ini, dengan demikian untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi sewaktu – waktu kita harusmelakukan Kroscek terhadap beberapa beberapa peralatan SAR yang kita punya.

“Kita semua menyadari, bahwa bencana alam memang tidak dapat dihindari. Tetapi yang lebih penting adalah bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang mungkin terjadi akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana,” pungkasnya.

Adapun peralatan yang di gelar antara lain ; -perahu karet, Dayung,Jaket pelampung,Pelampung,Senso,Tali tambang,Sepatu but,Helm Sekop dan Peralatan lainnya.

Sementara Itu Iptu NIkolS Osman selaku P.S, Kasi Humas berharap dengan kesiap siagaan yang sudah dilakukan oleh Personel Sat Samapta Polres Lombok Timur baik secara Fisik dan Psikis maupun Sarana Prasarana, Gumi Patuh Karya ini tetap Kondusif serta terhindar dari Bencana maupun Korban Bencana Alam.pungkasnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.