Bhabinkamtibmas Desa Loloan Kawal Ritual Mulang Pekelem Gelombang Kedua Umat Hindu ke Rinjani

Polres Lombok Utara – Polda NTB, Kegiatan keagamaan ritual Mulang pakelem gelombang 2 yang di laksanakan oleh umat hindu tiba di Dusun Torean Desa Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara tiba kemarin pada hari kamis sekitar pukul 12.30 wita.

Kapolres Lombok Utara Akbp I Wayan Sudarmanta SIK MH melalui Kapolsek Bayan Iptu Sugi Jaya Sh. Menyampaikan kepada awak media dan membenarkan Kegiatan ritual mulang pekelem gelombang 2, yang di lakukan oleh umat hindu menuju Danau Segara Anak yang memiliki ketinggian kurang lebih 2000 mdpl. Dan Gunung Rinjani memiliki ketinggian kurang lebih 3726 mdpl. Pada hari ini rombongan tiba di Dusun Torean Desa Loloan Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara. Yang di ikuti oleh 250 peserta dan 55 porter guna membawa barang – yang akan di bawa ke gunung menuju Danau segara Anak.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ritual keagamaan umat hindu gelombang kedua ini di mendapat pengawalan dari Dalmas Polda NTB, Sat. Shabara Polres Mataram, BPBD Provinsi dan di dampingi oleh Bhabinkamtibmas Desa Loloan, Jumat 04/11/2022 pagi

“Rombongan peserta mulang pakelem ke Danau segara Anak yang tiba kemarin sekitar pukul 12.30 wita di Dusun Torean Desa Loloan Kecamatan Bayan dan bermalam di rumah penduduk dan keesokan harinya yaitu pada hari jumat tanggal, 04 November 2022 sekitar pukul : 05.30 wita rombongan mulai akan melakukan pendakian menuju Danau Segara Anak yang di ikuti sebanyak 250 orang dan di bantu oleh porter atau pembawa barang bawaan sebanyak 55 orang dengan menggunakan masyarakat setempat” ujar Kapolsek

Kegiatan ritual tersebut rutin di laksanakan oleh umat hindu setiap tahun dan di perkirakan rombongan akan kembali dari melaksanakan ritual pada tanggal 9 November 2022.

Kegiatan upacara ritual mulang pekelem gelombang pertama sudah di laksanakan lebih awal yaitu pada tanggal 1 November 2022 dan selanjutnya di susul kembali oleh rombongan gelombang kedua dengan jumlah peserta lebih banyak dan lengkap dengan pengawalan baik dari Unsur Polri maupun dari Pemerintah Daerah.

Tujuan dari acara ritual mulang pekelem yang biasa di lakukan. Oleh umat hindu ke Danau Segara Anak merupakan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas berkah dan rahmatnya yang berikan kepada umatnya. Disamping itu juga di dalam ajaran hindu ada istilah tri hita karana dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam di antaranya hubungan manusia dengan penciptanya. Manusia dengan manusia dan manusia dengan alam.

Kapolres Lombok Utara Akbp I Wayan Sudarmanta SIK MH melalui Kapolsek Bayan Iptu Sugi Jaya berharap semoga kegiatan mulang pekelem gelombang pertama maupun kedua bisa berjalan dengan sukses dan selamat sampai tujuan dan jaga kekompakan dan hati -hati serta saling mengingatkan sama lain. Mengingat cuaca pada tahun ini sangat ekstrim baik cuaca panas maupun hujan. Dan agar memperhatikan persiapan fisik dan kelengkapan dan semoga kegiatan mulang pekelem terbut bisa berjalan dengan lancar dan kembali dalam keadaan selamat .ucap Sugi Jaya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.