Babinsa Peteluan Indah Dampingi Masyarakat Kembangkan Pertanian Metode Hidroponik

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Peteluan Indah Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan petani sayuran di Dusun Manjeli Permai, Desa Peteluan Indah, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Jum’at (2/12/2022).

Komsos tersebut di laksanakan untuk meningkatkan hubungan Babinsa dengan warga binaanya, serta mewujudkan ketahanan pangan dengan mendorong para petani untuk terus meningkatkan hasil produksi dalam meningkatkan perekonomian.

Bacaan Lainnya

Babinsa Peteluan Indah Serda Muhasim menjelaskan, “pembinaan teritorial dengan Komsos seperti ini kami laksanakan setiap hari dengan masyarakat. Seperti saat ini dengan mengunjungi petani sayuran yang menggunakan metode Hidroponik, sayuran yang di tanam seperti sawi, seledri, bayam dan juga jenis tanaman lainnya,” jelasnya.

“Dengan menanam sayur menggunakan tehnik hidroponik ini, di harapkan hasil tanamanya lebih sehat karena menggunakan pupuk berbahan organik,” tambahnya.

Rasyid pemilik lahan pertanian Hidroponik tersebut mengungkapkan, “Pertanian dengan metode Hidroponik ini merupakan program percontohan dalam pengembangan ketahan pangan kemasyarakatan, sehingga kami bersaama masyakarat yang lain mengebangkan dan memamfaatkan lahan-lahan kosong di pekarangan rumah untuk mencoba membangun sendiri dengan bantuan dan bimbingan dari Babinsa,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, “metode pertanian dengan Hidroponik memang baru bagiu masyarakat kami di Dusun Majeli ini, tapi dengan bantuan Babinsa serta perangkat desa, kami di berikan berapa pelatihan penyemaian, penanaman, hingga pananen serta pemasaran,” jelasnya.

“dengan masa tanam satu hingga dua munggu kami sudah bisa panen sayuran, jika lebih biasanya kami jual langsung ke pengepul dan masyarakat sekitar selain di konsumsi sendiri.” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *