Kunjungan Perwakilan Kedubes Asutralia, Babinsa Mambalan Bersama Bhabinkamtibmas Amankan Lokasi

Lombok Barat, NTB – Deklarasi tuntasnya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar di wilayah Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Barat (Lobar), menjadikan wilayah Dikes Lobar sebagai contoh dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara langsung yang menarik perhatian dari Kedutaan Asutralia untuk berkunjung ke Puskesmas Penimbung dan Pukesmas Pembantu Mambalan, Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Lobar, Kamis (1/12/2022).

Menindak lanjuti kunjungan dari Pemerintah Australia melalui Alumni Grant Scheme (AGS) yang di administrasikan oleh Australia Awards in Indonesia tersebut, yang di hadiri langsung oleh Kepala Dikes Lobar Arif Suryawirawan, S.Si., Apt., MPH., Kepala UPT Puskesmas Penimbung Akhmad Juaini, S.Kep., NERS., Kades Mambalan Sayyid Abdollah Alkaf,  Kepala biro kerja sama Tehnik Luar Negeri Noviyanti, serta staf Kementerian Sekretariat Negara Bagus Ismujati tersebut, Bintara Pembina Desa (Babinsa) bersama Bhabinkamtibmas melakasanakan pengamanan serta mendampingi masyarakat binaannya.

Bacaan Lainnya

Dalam keterangannya Kepala Dikes Lobar Arif Suryawirawan, S.Si., Apt., MPH., menyampaikan, “Monitoring yang di lakukan oleh perwakilan AGS ini merupakan bentuk Penguatan dan Optimalisasi Peran Posyandu Keluarga dan Kader untuk Meningkatkan Kesehatan dalam Situasi COVID-19 Menggunakan Pendekatan Berbasis Keluarga (STRONGER),” ucapnya.

Ia menambahkan, “Project ini bertujuan untuk memperkuat kader dan posyandu keluarga untuk mengoptimalkan perannya dalam mengatasi masalah kesehatan masyarakat. Lokasi utama dari project ini adalah wilayah kerja Puskesmas Penimbung yang terdiri dari 8 desa dan 44 posyandu keluarga,” tegasnya.

Babinsa Mambalan Sertu Parhan Taufiq menjelaskan, “kunjungan ini meninjau pelayanan kesehatan berbasis kemasyarakatan dengan jumlah sasaran 129 orang Ibu dan balita. Kami bersama Bhabinkamtibmas melaksanakan pengamanan dan mengumpulkan warga yang akan menerima pelayanan kesehatan di Posyandu Keluarga,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *