Apel Kesiapan Tanggap Bencana digelar di Lapangan Tioq Tata Tunak

banner 468x60

Lombok Utara – Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta S.IK.MH mengikuti Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Kab. Lombok Utara, bertempat di lapangan Tioq Tata Tunak Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara dengan tema “Lombok Utara Tangguh Menghadapi Bencana’ (02/12/2021).

Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Kab. Lombok Utara tersebut dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan baik personil serta sarana dan prasarana dalam menghadapi tanggap bencana di Wilayah Kab. Lombok Utara, untuk minimalisir resiko ancaman bencana yang berpotensi terjadi di Lombok Utara, mulai dari ancaman bencana Geologi seperti gempa, tsunami, dan erupsi gunung api, ancaman bencana hidrometeorologi seperti cuaca ekstrim, abrasi, banjir, serta ancaman non-alam seperti wabah covid-19.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Kab. Lombok Utara tersebut Bupati KLU H. Djohan Sjamsu SH, Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta S.IK.MH, Dandim 1606/Mataram Kol.Arm Gunawan S.Sos MT, Wabup KLU Danny Karter Febrianto Ridawan ST.M.eng, Pabung KLU Mayor Inf. Ibnu Haban, Setaf ahli KLU bidang ekonomi Simparudim SH, Kalak BPBD KLU Rizaldi ST, Kadis PU KLU Kharijal ST, Plt Kasatpol PP KLU Totok Surya SH.MH, Kabid Damkar KLU Mahayana, Danramil se KLU, Camat se KLU, Personil Polres Lombok Utara, peserta apel dan tamu undang berjumlah + 250 orang.

Dalam amanatnya, Bupati KLU H. Djohan Sjamsu SH yang didampingi Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta S.IK.MH, Dandim 1606/Mataram Kol.Arm Gunawan S.Sos MT, menyampaikan letak geografis Lombok Utara yang berada dipertemuan beberapa lempeng tektonik serta keberadaan sesar flores di bagian utara menyebabkan wilayah kita sangat rawan terhadap ancaman gempa bumi yang sewaktu- waktu bisa mengguncang wilayah Lombok Utara.

Jika kita flash back bagaimana pahitnya bencana gempa 2018 yang menyebabkan kerusakan infrastruktur, rumah rusak, ekonomi lumpuh, namun kita harus bijak menyikapi hal ini,
“Apa yang kita lakukan hari ini adalah bagian dari upaya mitigasi, Kedepannya kita semakin siaga menghadapi ancaman bencana alam geologi dan hidrometeorologi,”
Ancaman bencana tidak bisa dihilangkan, tapi bisa diminimalisir risikonya melalui langkah- langkah strategis dan komprehensif, melalui program- program mitigasi bencana, baik mitigasi struktural maupun non-struktural.

Ditempat yang sama, Kapolres Lombok Utara AKBP Sudarmanta memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Apel Gelar Kesiapan Tanggap Bencana Kab. Lombok Utara dan berharap kegiatan ini dapat membangun koordinasi antar para stakeholder penanggulangan bencana dan tren bencana hidrometeorologi.

Jumlah sarana prasarana penanggulangan bencana yang masih terbatas adalah tantangan yang harus kita sikapi bersama dengan upaya-upaya kolaboratif antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder, tuturnya.

Rangkaian kegiatan Apel berjalan aman dan tertib, seluruh kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protocol covid 19 dan berakhir pada pukul 09.20 wita dengan pengamanan dari Personil gabungan Polres Lotara.

humas

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *