Kali Ini Apel Kaposkamling Di Laksanakan Di Polres Lotim, Ini Yang Diharapkan Bupati

oleh -3 views

lombokpictures.com – Bertempat di lapangan Patriatama Polres Lotim telah berlangsung Apel Kaposkamling Tahun 2021 yang diikuti oleh Gabungan TNI-Polri Lotim, Satpol PP, Badan Keamanan Desa (BKD) dan Kaposkamling se Kabupaten Lombok Timur. Kamis (23/9/21)

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Bupati Lombok Timur Drs. H. M. Sukiman Azmi, M.M, Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono, S.I.K,M.H, Dandim 1615/Lotim Letkol Inf. Amin M. Said, S.H, Kepala Kejaksaan Negeri Lotim Irwan Setiawan Wahyuhadi, SH, MH, Para PJU Polres dan Kapolsek Jajaran serta tamu undangan dari elemen masyarakat.

Apel tersebut diharapkan menjadi momentum untuk mengevaluasi eksistensi bentuk pengamanan Swakarsa tradisional atau Siskamling ronda Kampung yang dibina oleh Polri sehingga kedepan pelaksanaannya dapat lebih efektif terkoordinir sehingga sinergitas aparatur keamanan dan pemerintah daerah dapat mewujudkan Lombok Timur yang aman dan kondusif.

Dalam amanatanya, Bupati Lombo Timur selaku pimpinan apel menyatakan bahwa Polri sebagai aparatur Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pemeliharaan keamanan dalam negeri atau Harkamdagri dalam pelaksanaan tugasnya tidak bisa sendiri melainkan dibantu oleh tiga komponen yaitu PPNS, Polsus dan bentuk-bentuk pengamanan Swakarsa.

“Program Binkam Swakarsa baik tradisional maupun profesional merupakan salah satu program prioritas Polri dengan pertimbangan bahwa intensitas dan frekuensi gangguan Kamtibmas dari waktu ke waktu terus meningkat selaras dengan perkembangan kehidupan masyarakat” tutur Sukiman.

Guna efektifitas pelaksanaan kelompok kamling Polres Lombok Timur telah berupaya melakukan terobosan kreatif inovatif dengan mendesain pos kamling berugak model lumbung mengangkat budaya dan kearifan lokal dalam rangka menghidupkan kembali pelaksanaan Siskamling atau ronda Kampung dan melestarikan budaya tradisional suku Sasak yang islami dengan memasang papan yang bertuliskan “menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan merupakan ibadah” pada setiap poskamling.

“Tingkatkan soliditas empat pilar di tingkat desa dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan masing-masing” tegas Bupati.

Dirinya berharap pelaksanaan Siskamling dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab sebagaimana aturan yang telah disepakati warga di lingkungannya yang disertai niat yang tulus ikhlas sebagai bentuk amal ibadah.

“Aktifkan Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM), Jaga keselamatan diri, Tingkatkan koordinasi dan bimbingan teknis kepada Polri guna mencari solusi dan cara bertindak yang benar dalam pelaksanaan Siskamling” imbuhnya.

Dalam apel tersebut juga dilakuakan pembacaan ikrar Kaposkamling oleh salah satu perwakilan dan dilanjutkan dengan pemberian kentongan ecara simbolis oleh pimpinan apel kepada empat pilar kamtibmas yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan secara bersama-sama.

Sedangkan Kapolres Lotim AKBP Herman Suriyono, S.I.K,M.H mengungkapkan bahwa polri tidak bisa bekerja sendiri, perlu bergandengan tangan dengan TNI, Pemda dan masyarakat untuk bersinergi menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“konsep poskamling merupakan turunan dari nenek moyang yang harus tetap dilestarikan untuk melihat peran masyarakat dalam menciptakan kamtibmas bersama TNI Polri” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.