Kelebihan Muatan Dapat Memicu Terjadinya Lakalantas, Ini Upaya Yang Dilakukan Satlantas Polres Lotim

by -20 views

lombokpictures.com – Guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan menjaga kamseltibcar lantas (keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas) di wilayah Kabupaten Lombok Timur, Satuan Lalu Lintas Polres Lotim melakukan himbauan kepada para pengemudi truk muat barang. Sabtu (28/8/21)

Kegiatan tersebut berlangsung di sepanjang jalan raya utama Paok Motong Masbagik Kabupaten Lombok Timur dengan sasaran para pengemudi yang melintas di jalur tersebut terutama pengemudi truk muat barang yang menjadi prioritas.

Kasat Lantas Polres Lombok Timur AKP Rita Yuliana, S.I.K,M.M, menjelaskan bahwa pengendara truk muat barang memang harus di perhatikan dan tetap di berikan himbauan untuk selalu berhati-hati dan tidak mengangut barang melebihi kapasitas muatan karena dapat menjadi pemicu terjadinya laka lantas dan membahayakan pengendara lainnya.

“memang benar dari pengalaman kasus yang sudah terjadi kendaraan truk yang memuat barang terlalu berlebih dapat menyebabkan rem blong dan rusaknya infrastruktur jalan sehingga rawan terjadinya laka lantas dan merugikan orang lain” jelas polwan cantik yang mahir bahasa mandarin tersebut.

“oleh sebab itu perlunya dilakukan himbauan langsung kepada para pengemudi truk muat barang untuk selalu memperhatikan kapasitas muatannya dan memeriksa keadaan kendaraan sebelum melakukan perjalanan, tentu juga selalu berhati-hati”imbuhnya.

Selain itu dirinya juga menegaskan bahwa dalam setiap kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat baik kegiatan pelayanan, penegakan hukum maupun himbauan di lapangan, anggota harus mengutamakan sikap humanis dan menerapkan protokol kesehatan.

Sedangkan Kanit Gakkum Satlantas Polres Lombok Timur Ipda Dhira Wira Prasasta,S.Tr.K  juga menambahkan bahwa aturan muatan barang sudah diatur dalam pasal 307 UU no 22 tahun 2009.

“apabila ada yang melanggar akan ditindak tegas oleh petugas sesuai dengan pasal yang telah ditentukan, ini demi keselamatan kita bersama dalam berlalu lintas” tegasnya.

Selain melakukan himbauan langsung kepada para pengemudi di jalan raya, berbagai upaya untuk mencegah laka lantas dan menjaga kamseltibcarlantas telah dilakukan Sat Lantas Polres Lotim berupa banner himbauan, video kreatif dan lain sebagainya.

“semoga upaya-upaya pencegahan yang kita lakukan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan berlalu lintas demi kebaikan diri sendiri dan orang lain” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.