Selain 5M, Giat 3T Cegah Penularan Covid19 Juga Mulai Eksis Dilaksanakan Tidak Terkecuali Di Pringgabaya

by -1 views

lombokpictures.com – Salah satu upaya mencegahan penyebaran covid 19 yang kita ketahui adalah dengan menerapkan protokol kesehatan 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Akan tetapi akhir-akhir ini juga telah muncul istilah baru yaitu 3T yaitu Tracing (pelacakan ) Testing (pemeriksaan awal) dan Treatment (perawatan) sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran covid 19.

Pagi ini Kapaolsek Pringgabaya AKP Totok Suharianto, SH menghadiri kegiatan tracing dan testing di aula Puskesmas Batuyang Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Sabtu (14.8.21)

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tracer yakni pemeriksaan SWAB Anti Gen kepada masyarakat umum dan petugas kesehatan Puskesmas Batuyang yg disinyalir telah melaksanakan kontak dengan Pasien Covid 19.

“kegiatan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran covid 19 di Kecamatan Pringgabaya pada khususnya, dengan dilakukannya testing atau pemeriksaan dini sehingga dapat kita lakukan tindakan lanjutan” jelas Kapolsek Pringgabaya saat berada di lokasi testing.

Dirinya juga menambahkan bahwa saat ini terdapat 36 orang yang terdiri dari masyarakat dan tenaga kesehatan yang akan melakukan testing karena disinyalir telah melakukan kontak dengan pasien positif covid19.

Selama kegiatan tersebut, Kapolsek Pringgabaya bersama beberapa anggotanya melakukan pendampingan dan pengamanan guna mencegah terjadinya hambatan darimanapun.

“sampai dengan kegiatan berakhir kami tetap melakukan pendampingan sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan aman dan lancar, tentunya juga sesuai dengan protokol kesehatan” lanjut Totok.

Adapun dari seluruh peserta yang dilakukan swab anti gen semua hasil testnya negatif yang artinya tidak ada dari masyarakat atau tenaga kesehatan tersebut yang terpapar maupun yang ada gejala penularan covid 19 sehingga dapat melanjutkan kegiatan sehari-hari namun tetap ditekankan untuk menerapkan prokes.

“alhamdulilah semua hasilnya negative, semoga kedepannya tetap seperti ini dan untuk masyarakat yang sekiranya memiliki gejala covid kami sarankan segera melakukan swab anti gen atau melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah masing-masing” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.