Satgas Kar Hutla Kabupaten Lombok Timur Berhasil Padamkan Beberapa Titik Api Di Bukit Sempana

oleh -10 views

lombokpictures.com – Kepolisian Resor Lombok Timur melakukan upaya pemadaman api sehubungan terjadinya kebakaran Wilayah Bukit Sempana HL 147 Koordinat (X 0 452720,Y 9070934), Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur sejak Hari senin hingg hari ini Rabu 11 Agustus 2021 pukul 22.00 wita.

Dalam upaya pemadaman Kebakaran Satuan Tugas Karhutla Kabupaten Lombok Timur yang terdiri dari  Gabungan Personel Polres Lotim dan anggota Polsek Sembalun  sejumlah 60 Orang, Personel Koramil Sembalun sejumlah 11 orang, Tim RPH (Resort Pengelolaan hutan) Sembalun 25 Personel, Tim Pengelola Bukit Sempanan sejumla 21 orang  dan warga sekitar terjun langsung ke TKP Kebakaran Sambil berupaya melakukan Pemadaman.

Kapolres Lotim AKBP Tunggul SInatrio S.I.K, M.H., melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Lombok Timur M.Fajri S.Tr.K, membenarkan telah terjadi Kebakaran di Wilayah Bukit Sempana, “Benar sejak hari senin tanggal 9 Agustus telah terjadi kebakaran di Wilayah Bukit Sempana HL 147 Koordinat (X 0 452720,Y 9070934), Pihak Kepolisan Resor Lombok Timur bersama Personel TNI, RPH Sembalun, Tim Pengelola Bukit Sempana dan Masyarakat setempat telah melakukan upaya Pemadaman Api.terangnya.

Sementara Itu Kasi Humas Iptu Lalu Jaharudin menjelaskan; Setelah mendapat informasi dari KPH (kesatuan pengelola Hutan) Rinjani Timur bahwa telah melihat kepulan asap pada senin pagi pukul 07.00 Wita Tim Gabungan tanggap Karhutla yang terdiri dari Porsonil Polri, Koramil Sembalun, Pengelola Bukit Sempana, berkumpul dan langsung menuju kelokasi yang dimaksud.

Lebih lanjut Kasi Humas Menerangkan Setelah  berjalan 3 jam Tim Sampai di titik Api  yang berada pada ketinggian kurang lebih 2000 mdpl dan saat itu api sudah menjalar, di lokasi. Tim mengupayakan pemadaman api menggunakan ranting di lokasi yang bisa di janggkau, karena  di titik api medan cukup curam ,kepulan asap yang banyak , dan Angin yang kencang membuat Personel cukup kualahan, kemudian pada Pukul 15.00 Wita Tim berhasil  memadamkan sebagian api yang mengarah ke selatan bukit sempana.

Selanjutnya Tim menuju ke arah utara  ke titik api yang menuju bukit Nanggi HL 144 , di sana padang savana rumputnya lebih luas yang mengakibatkan api semakin menyebar hingga Senin Sore, namu Personel yang tergabung dalam Satgas Karhutla tetap melakukan upaya pemadaman.

Hingga Selasa malam api masih menyala dan Tim pun menginap di atas bukit sembari memantau dan melokalisir ke arah utara yaitu ke titik api yang menuju bukit Nanggi HL 144 , di sana padang savana rumputnya lebih luas lagi api mash berkobar Tim masih berusaha memadamkan titik api yang masih bisa dijangkau.

Sampai  Dengan Hari ini Rabu 11, Agustus 2021 Tim Gabungan Tanggap Karhutla melanjutkan pemantauan dari bukit Bao Daya dan memastikan titi api terkahir sudah sampai ke tebing meringgok dan sebagian padam,dari hasil pemantauan  Tim Gabungan Tanggap Karhutla akibat kebakaran tersebut; terbakar Padang padang Savana rumput , ratusan pohon cemara terutama anakannya, puluhan pohon bangsal, semak belukar, dan batang pohon kering.

Hingga Dengan Berita ini diterbitkan, Beberapa titik Api sudah berhasil dipadamkan Tim Gabungan Tanggap Karhutla Kabupaten Lombok Timur bersama dengan Warga setempat.

Mengakhiri Keterangannya Jaharudin menghimbau kepada seluruh Lapisan Masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, ataupun membakar hutan dan lahan dengan alasan apapun dan jika , jika tindakan itu terbukti dilakukan maka akan dilakukan proses hukum secara tegas sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.