Apel Gabungan Bentuk Kesiapan Polsek Sikur Dalam Pengamanan Pilkades Serentak

by -3 views

lombokpictures.com – Sehari sebelum pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 2021, Forkopimcam bersama Polsek Dan Koramil Selong menggelar apel kesiapan di Halam Kantor Camat Sikur Kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Timur. Selasa (27/6/21)

Apel kesiapan ini merupakan apel gabungan dari unsur terkait dalam pelaksanaan pilkada serentak yang akan di laksanakan besok pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sikur Lalu putra MAP, Kapolsek Sikur AKP Ery Armunanto, S.H, Danramil 09 Sikur Kapten inf .Keman, Kepala Puskesmas Sikur Masdikin, Skep,Ners , Kepala PKM Kotaraja Lalu Yunus,Skep,Ners, Ketua Panwas Sikur Taufik hidayutulloh,Sp ( Sekcam Sikur), Ketua Panitia Pilkades Kotaraja Lalu Iswandi oktavia,S.E,  Ketua Panitia Pilkades Tete Batu Lalu harmaen, Ketua Panitia Pilkades Sikur Barat Fihirudin, gabungan Polsek Sikur dan personil BKO yang melaksanakan serpas dan pengamanan pilkades Kecamatan Sikur, anggota Koramil 09 Sikur, Pol PP Kecamatan Sikur  dan BKD dari  masing masing desa yang melaksanakan pilkades.

Kapolsek Sikur selaku pimpinan apel dalam amanatnya menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakan apel persiapan ini adalah agar semua yang yang terlibat dalam pengamanan pilkades tersebut mengetahui tugas dan fungsi masing masing pada saat pelaksanaan pilkades.

Dirinya menjelaskan bahwa pada pengamanan pilkades kali ini juga melibatkan tenaga kesehatan kecamatan sikur.

“kami juga melibatkan tim kesehatan di karenakan situasi pandemi  covid ini, tentunya kita harus menerapkan protokol kesehatan standar covid 19 kepada semua baik pemilih, KPPS dan yang lain untuk dilakukan screening oleh petugas kesehatan” tutur Kapolsek.

Dirinya juga menjelaskan bahwa hari ini petugas keamanan akan melaksanakan serpas yang bertujuan untuk memantau keamanan sebelum pilkades agar tidak terjadi pelanggaran menjelang hari pemilihan kepala desa.

Kapolsek menekankan kepada anggota yang terlibat dalam pengamanan pilkades besok untuk segera saling tukar nomor telepon agar saling mengenal dan memudahkan melakukan kerjasama dalam pelaksanaan pengamanan.

“banyak terlihat posko pemenangan yang di buat oleh timses, tidak menutup kemungkinan terjadi kerawanan, oleh sebab itu mari kita bekerjasama  karena kesuksesan pilkades adalah kesuksekan kita bersama” ajak Ery kepada seluruh peserta apel.

“Apabila ada kejadian sekecil apapun , segera sampaikan supaya kita bisa tangani bersama” imbuhnya.

Peran panwas juga sangat penting terutama berkaitan dengan mekanisme pemilihan, apabila ada unsur pidana dalam pilkades tersebut baru akan ditangani oleh kepolisian.

Adapun posisi keamanan TNI-Polri adalah menjaga dan mengawal pemilihan di luar TPS, bisa masuk ke lokasi apabila ada permintaan KPPS.

Dari kepolisian sudah ada fakta integritas yang di sisipkan secara tertulis yang berbunyi  apabila calon menemukan kejanggalan atau ada yang tidak pas maka mereka akan menempuh jalan hukum dan tidak melaksanakan demonstrasi .

“ini langkah  yang kami lakukan untuk mengantisipasi keamanan pada pilkades di kecamatan sikur” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.