Gandeng Dinas Perikanan Sumbawa Barat, PLN Kembali Salurkan Bantuan Budidaya Rumput Laut Di Labuhan Kertasari

by -2 views

Taliwang, 16 Juli 2021 – Tak hanya memastikan ketersediaan pasokan listrik, PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Tambora juga memiliki beberapa program terkait dengan pengentasan kemiskinan di masyarakat sekitar. Melalui salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN UPK Tambora kembali menyalurkan bantuan di sentra pengembangan komoditi rumput laut di Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat NTB.

Desa Labuhan Kertasari sendiri memiliki warga yang mayoritas mata pencahariannya sebagai nelayan dan petani rumput laut. Rumput laut di desa ini mempunyai potensi yang cukup besar untuk mendukung perekonomian di wilayah tersebut. Pertumbuhan jumlah petani rumput laut semakin bertambah setiap tahunnya. Di tahun 2021, terdapat sekitar 100 petani baru yang mulai menanam rumput laut.

Syarifuddin, Kepala Desa Desa Labuhan Kertasari mengatakan bahwa hadirnya bantuan dari PLN tersebut sangat membantu para petani rumput laut dalam pengembangan usahanya.

“Kami menghaturkan rasa terima kasih kepada PLN atas perhatian dan kerja samanya. Dengan adanya bantuan ini, petani rumput laut di pesisir Labuhan Kertasari dapat mengembangkan lagi usahanya,” kata Syarifuddin.

Berkolaborasi dengan Dinas Perikanan Sumbawa Barat, PLN UPK Tambora memetakan kebutuhan petani rumput laut, khususnya untuk kelompok-kelompok baru yang sedang merintis sebagai petani rumput laut.
Pada kesempatan tersebut, PLN UPK Tambora memberikan bantuan berupa pelatihan pengelolaan rumput laut dan beberapa fasilitas tanam serta alat ukur air laut senilai 50 juta untuk menunjang keberhasilan panennya.

Manager PLN UPK Tambora, Wayan Budi Laksana menyampaikan harapan semoga upaya dan bantuan ini dapat dimaksimalkan dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

“Kami berharap semoga bantuan yang diterima ini dapat dioptimalkan oleh warga masyarakat pesisir, sehingga usaha budidaya rumput laut tersebut dapat bertahan dan berjalan berkesinambungan sehingga benar-benar memberikan manfaat sehingga semakin berkembang terutama di masa pandemi seperti sekarang ini”, tutur Wayan.

Di tahun sebelumnya, PLN UPK Tambora juga memberikan bantuan berupa tempat penyimpanan rumput laut, fasilitas penjemuran, sarana tanam (tali, jaring, dll), oven untuk pengering, dan juga pelatihan untuk meningkatkan kemampuan petani rumput laut.

Untuk diketahui, rumput laut adalah salah satu komoditi unggulan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Sumbawa Barat, dengan luas potensi areal budidaya rumput laut sebesar 1.550 ha dengan tingkat pemanfaatan baru mencapai 60% atau sekitar 930 ha. Ke depan, tentunya sinergi dari seluruh pihak akan sangat diperlukan untuk pengembangan kawasan dan peningkatan ekonomi untuk masyarakat di Sumbawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.