Tim Monitoring Dan Evaluasi Korbinmas Baharkam Polri Kunjungi Desa Kembang Kuning

by -84 views

lombokpictures.com – Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi Korbinmas Baharkam Polri ke Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, Rabu (7/7) untuk melihat dari dekat kegiatan Bhabinkamtibmas pada PPKM Mikro.

Peninjauan Desa Kembang Kuning  yang ditunjuk sebagai perwakilan desa / kelurahan.

Korbinmas Baharkam Polri Kombespol Nasrun Fahmi, dalam monev itu mengatakan, Bhabinkamtibmas merupakan strategi Polri untuk dapat menyerap informasi di masyarakat terutama ditingkat Desa.

Dikatakannya, dimasa pandemi ini Polri melakukan evaluasi secara nasional diseluruh Posko PPKM diwilayah jajaran. Terutama yang berada pada zona hijau dengan menerapkan sistem Survillance Active.

“Bhabinkamtibmas di Posko PPKM mempunyai tugas sebagai Tracer yang dibantu oleh Babinsa dan nakes. Diharapkan kedepannya Bhabinkamtibmas tidak ada lagi yang terpapar Covid-19,” jelas Nasrun Fahmi saat membuka sambutannya dihadapan pejabat Pemkab Lotim di salah satu homestay di Desa Kembang Kuning.

Ia juga menyebutkan bahwa selama masa pandemi sebanyak 12 orang Bhabinkamtibmas telah terpapar Covid-19.

Untuk itu, ia meminta agar disetiap Posko PPKM harus disiapkan Alat Pelindung Diri (APD). Selain itu,  Bhabinkamtibmas harus rutin menyemprotkan Disinfectan dirumah warga.

Masih kata pejabat Polri dengan tiga melati dipundaknya, saat ini wilayah Polda NTB sudah menerapkan aplikasi BOS V2 untuk wilayah Polda NTB yang baru mencapai 38 persen. Dia mengharapkan agar Bhabinkamtibmas untuk aktif dan mengoptimalkan aplikasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa harus tetap bersinergi dalam tugas sehari-hari dan khususnya di Posko PPKM Mikro. Bhabinkamtibmas dan Babinsa harus berperan aktif dalam Program Vaksinasi Nasional.

Sementara itu, Kepala Desa Kembang Kuning, HL. Sujian dalam pertemuan itu memaparkan kondisi riil yang dihadapi diwilayahnya yang menjadi  salah satu Desa wisata di Lotim.

Dikatakan Sujian, Desa Kembang Kuning memiliki Posko PPKM dan Ruang isolasi, antara lain, Posko PPKM tingkat Desa. Untuk Posko PPKM tingkat Dusun terdapat 8 Posko dan 8 Ruang Isolasi. Sedangkan Posko PPKM tingkat RT terdapat 24 Posko dan 24 Ruang Isolasi.

Bahkan Pemdes menerapkan program 1 rumah 1 tempat cuci tangan.

Untuk posko ketahanan pangan, kata dia, pemdes menyiapkan perharinya  5 ton beras dan kebutuhan pokok lainnya untuk masyarakat.

“Untuk UMKM di Desa Kembang Kuning tetap berjalan dengan sumber dana dari BUMDes, diharapkan Tim Monev berkenan bisa berkunjung ke UMKM desa kami,” pinta Sujian yang berhasil membawa desanya meraih predikat desa terbaik Nasional dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Sedangkan Kapolres Lotim, AKBP. Tunggul Sinatrio, SIK, MH, mengatakan bahwa Kabupaten Lombok Timur diawal Pandemi Covid-19 menjadi zona merah.

Berkat kerjasama semua pihak secara perlahan, berubah menjadi zona kuning. Dan dia meyakini, kedepannya akan menjadi zona hijau.

“Dalam menghadapi pandemi, Lotim selalu berinovasi dan menjemput bola seperti Tracing Contact di BIL dan Pelabuhan Lembar yang sejatinya bukan wilayah Kabupaten Lotim,” ujar dia.

Selain itu kata Tunggul Sinatrio, Polres Lotim mempunyai program Subuh keliling, Maghrib keliling, dan Jumat keliling. Dalam pelaksanaannya, Polres Lotim  menggandeng tokoh agama dan para tuan guru dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dimasyarakat.

Tujuannya, sebagai upaya pencegahan preventif dan Preemtif sehingga wilayah Lotim aman dan kondusif.

Demikian pula yang disampaikan Sekda Lotim, Drs. HM. Juaini Taofik, MAp.

Di menyebutkan, diwilayah Lotim dalam menghadapi pandemi Covid-19 menerapkan prinsip “taat azas”.  Sehingga wilayah Lotim bisa mengendalikan pandemi ini dengan lebih baik.

“Di Lotim sudah terbentuk sebanyak 2.450 Posko PPKM. Dari seluruh Posko PPKM yang terbentuk diwilayah Provinsi NTB, Lotim memiliki persentase tertinggi bahkan  perekonomian tetap stabil,” jelasny

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.